Uji Materi UU 20 Tahun 2011 di Mahkamah Konstitusi yang Diajukan Anggota REI

Jakarta, 3 Sept 2013
Saudara-saudara Seperjuangan,

  • Gugatan PTUN Medan oleh warga Apartemen Cambridge telah dimenangkan dan PPPSRS bentukan Pelaku pembangunan harus dibubarkan.
  • Gugatan warga Thamrin City terhadap SKEP pengesahan Gubernur DKI terhadap PPPSRS bentukan Pengembang telah menang dan Surat Pengesahan Gubernur dibatalkan dan PPPSRS bohong dibekukan. Tidak boleh berkegiatan.
  • Gugatan Pra Peradilan yang diajukan warga GCM, MAKI dan KAPPRI di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat juga berhasil.

Uji Materi terhadap UU 20 tahun 2011 nampaknya akan membawa berkah kepada para Pemilik Rusun yang selama ini berjuang merebut haknya. Selama ini nampaknya seperti berjuang sendiri, tidak Ada yang membantu. Oknum-oknum Pemerintah yang seharusnya menerapkan UU 20 tahun 2011 malah sibuk bermain mata dengan para pelaku Pembangunan yang menafsirkan secara sepihak atas Undang-undang itu untuk sebanyak mungkin menarik keuntungan darinya.

Menyimak keterangan Pemerintah dalam sidang uji Materi yang diajukan para anggota Real Estate Indonesia (“REI”) , kita boleh merasa menjadi lebih Aman. Keterangan Pemerintah justru sangat MEMBUAT gamblang akan hak-hak para pemilik Penghuni yang tercantum dalam Pasal 74 ayat 1 dan 2, Pasal 75 ayat 1 dan 2 serta Pasal berikutnya.

Pasal-pasal itu  menegaskan tentang fasilitasi pengembang yang merupakan kewajiban dan bukan hak, bahwa tanpa difasilitasi para pemilik tetap dapat membentuk PPPSRS, pemilik yang wajib membentuk PPPSRS. Juga Pasal tentang kewajiban pelaku pembangunan untuk menyerahkan pengelolaan kepada PPPSRS dalam waktu yang ditentukan Undang-undang.

Ini Seperti Blessing in Disguise, karena mengapa yang meminta uji Materi malahan para anggota REI yang selama ini memutarbalikkan Undang-undang 20 tahun 2011 itu bagi keuntungannya. Mereka telah menikmati kaburnya tafsir Undang-undang, tetapi karena SERAKAH ingin agar Undang-undang diubah untuk lebih menguntungkan mereka lagi. Tetapi penjelasan Pemerintah justru berakibat sebaliknya.
Nanti keputusan Mahkamah Konstitusi yang akan muncul dapat menjadi senjata yang melindungi para Pemilik untuk berjuang merebut hak-haknya. Para oknum Pemerintah curang serta para Pengembang nakal TIDAK AKAN bisa berdalih lagi. PPPSRS yang telah kita bentuk dengan susah payah pengesahannya justru diambangkan ditingkat Disperum dengan banyak alasan.

Mari kita simak terus perkembangan situasi. Maju terus perjuangan kita.

Salam KAPPRI, Krismanto P

MK

Advertisements

Tagged: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: