Polres Jakpus: Laporan Warga Apartemen Cempaka Mas Masih Terus Disidik (ForumKeadilan.co)

FORUM KEADILAN, Jakarta – Kasat Reskrim Polres Jakarta Pusat AKBP Siswo Yuwono mengatakan pihaknya masih terus melakukan penyelidikan terkait laporan penghuni apartemen Graha Cempaka Mas (GCM) Jakarta.
“Kita masih terus mememeriksa. Sudah ada saksi-saksi kita panggil dan periksa. Ini laporannya banyak. Ada 26 laporan yang masuk ke kita. Jadi butuh waktu,” kata Siswo kepada FORUM di kantornya, Jakarta, Jumat (16/10).

Ketika disinggung kapan jadwal pemanggilan terhadap Direktur PT Duta Pertiwi Tbk, Lie Janie Harjanto, Siswo tak bisa memastikannya. “Kita masih terus periksa,” jawabnya singkat.

Sebelumnya, sejumlah penghuni Apartemen GCM mempertanyakan kinerja aparat kepolisian Polres Jakarta Pusat terkait laporan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh PT Duta Pertiwi, Tbk.

Pasalnya, laporan warga yang tergabung dalam Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (P3SRS) Graha Cempaka Mas sampai saat ini masih terkatung-katung, bahkan tak jelas nasibnya. Warga pun curiga pihak Polres “main mata” dengan PT Duta Pertiwi sebagai perusahaan pengembang apartemen CGM.

Sebanyak tujuh warga yang  diantaranya, Bong Jan Nie, Justiani, dan Mauren Frances melaporkan Lie Janie Harjanto, direktur PT Duta Pertiwi ke Polres Jakpus, pada 1 Juli 2015.
Pada laporannya itu warga yang tergabung dalam P3SRS kubu Mayjen Purn Saurip Kadi menuding anak perusahaan PT Sinar Mas milik Taipan Eka Tjipta Wijaya elakukan serangkaian tindak pidana penggelapan dan penipuan.

Adapun tindak pidana yang dilakukan pihak pengembang adalah penggelapan terhadap tanah dan barang, menaikan harga listrik sebesar 45%, penarikan pajak illegal, serta penggunaan fasilitas umum dan sosial untuk kepentingan pengelola. Jika ditotal kerugian penghuni (P3SRS) selama 18 tahun sekitar Rp2 triliun.

IRMAN ROBIAWAN

Sumber: http://forumkeadilan.co/hukum/polres-jakpus-laporan-warga-apartemen-cempaka-mas-masih-terus-disidik/

Duta Pertiwi Klaim P3SRS Kubu Saurip Kadi Tidak Sah

FORUM KEADILAN, Jakarta – Kuasa Hukum PT Duta Pertiwi Tbk, M Hoklie Lingga meyakini bahwa Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (P3SRS) apartemen Graha Cempaka Mas (GCM) yang resmi tetap dipegang Duta Pertiwi. Pasalnya, P3SRS dibawah pengembang itu telah diakui oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintahan DKI Jakarta.

“Sampai sekarang dinas perumahan dan kementerian perumahan rakyat hanya mengakui P3SRS yang dibentuk Duta Pertiwi,” ujar Lingga Jakarta, Jumat (16/10).

Menanggapi tudingan para penghuni apartemen GCM yang menyatakan bahwa Duta Pertiwi telah melakukan penipuan terhadap para penghuni, Lingga justru mempersilahkan penghuni apartemen untuk melaporkannya kepada kepolisian. “Kalau mereka menganggap telah ada penipuan silahkan lapor ke kepolisian,” tandasnya.

Ia menambahkan bahwa P3SRS bentukan Mayjen Purn Saurip Kadi tidak sah secara hukum karena dibentuk melanggar AD/ART. Sehingga, Lingga kembali menegaskan pengelolaan yang sah terhadap CGM hingga detik ini masih tetap dipegang oleh Duta Pertiwi.

“Intinya kalau pun ingin membuat rapat luar biasa harus sesuai dengan mekanisme AD/ART. Nah, ini AD/ART yang diajukan harus mengatur mekanisme yang sebenar-benarnya,” kata dia.

Sebelumnya, Dewan Penasehat P3SRS Saurip Kadi menilai para hakim tidak mengetahui adanya pemalsuan keterangan yang dibuat oleh Duta Pertiwi dalam sidang yang digelar pada Jumat (09/10) lalu.

“Persoalan yang menjadi mendasar ketika sejak awal hakim tidak mengetahui adanya pemalsuan keterangan,” ujar Saurip dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (15/10) kemarin.

ADY KURNIAWAN

Sumber: http://forumkeadilan.co/hukum/polres-jakpus-laporan-warga-apartemen-cempaka-mas-masih-terus-disidik/

Advertisements

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: