Pesan untuk Terus Berjuang dari Ketua KAPPRI (Ditulis Tanggal 23 Juni 2016)

Pak Krismanto - Ketua KAPPRI

Jakarta, 23 Juni 2016

“MARI AKTIF BERJUANG MEREBUT HAK KITA. BAWA TEMAN LAIN IKUT AKTIF”

Para pencari keadilan di Rusun yang terhormat,

Semoga Hari Anda Baik.

KAPPRI didirikan atas dasar adanya Penyelewengan Hukum yang luas dilakukan oleh pelaku pembangunan Rusun yang nakal yang merugikan para pembeli.

KAPPRI dibentuk Untuk Tujuan menerapkan UU 20 tahun 2011 tentang Rusun secara  murni dan konsekuen, dimana hak-hak pembeli dijamin tetapi oleh pelaku pembangunan yang nakal Hukum ini dihindari, diplesetkan dan lain-lain.

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KAPPRI berbunyi bahwa KAPPRI dibentuk untuk menjadi media:
1. Diskusi tentang aturan Hukum dan Undang-Undang yang berkaitan dengan Rumah Susun.
2. Menyamakan persepsi, pendapat, pemahaman, langkah perjuangan, agar terjadi kesamaan langkah dalam masing-masing berjuang menuju keberhasilan. Ini didasarkan anggapan bahwa kalau kita BERSATU tidak mudah dikalahkan.
3. Diskusi dalam menelaah Hukum mana yang diselewengkan dan dipakai senjata buat mengerjain kita.
Contohnya Penyelewengan Hukum pada Bab
a. Pelaku pembangunan yang wajib melakukan memfasilitasi pembentukan PPPSRS, yang tidak dijalankan.
b. Bolehnya  penggunaan Surat Kuasa dalam memberikan hak suara, yang melawan Undang-Undang pemilihan.
c. Tentang hak suara milik para pembeli yang diberikan kepada yang tidak berhak dengan Surat kuasa.
d. Penambahan kata “terutama” pada Pasal 74 ayat (1) UU no 20 tahun 2011 yang berakibat para pembeli mati suri.
e. Dan ini kemudian dimasukkan dalam AD ART yang disahkan Pemda DKI.
f. Pengembang selalu mendorong penerapan NPP dalam hak suara yang jelas menyalahi Hukum.
4. Haruslah dipahami oleh para pejuang hak bahwa,
a. KAPPRI bukan tempat para korban mengadu tentang Pemutusan listrik/air dan lain lain lalu minta KAPPRI yang  menyelesaikan.
b. KAPPRI bukan tempat mengadukan Kriminalisasi dan langsung KAPPRI yang menyelesaikan.
c. KAPPRI bukan  tempat orang bisa menyerahkan kesulitannya, lalu menunggu hasilnya tanpa aktif berjuang, dan  bisa Istirahat. KAPPRI adalah tempat kita sharing/berbagi pendapat, memperkuat motivasi berjuang, menemukan teman untuk bersama berjuang. Saling menginspirasi, saling menyemangati.

Para pejuang harus  aktif untuk menyatukan diri, menyamakan persepsi, dan langkah perjuangan, mengejar hak yang seharusnya dimiliki, tetapi dirampas orang lain.

KAPPRI hanya memberikan penjelasan aturan Hukum, memberi inspirasi, motivasi, empowerment, advokasi dan cara pembentukan  Panmus, PPPSRS, Badan pengelola dan sebagainya.

Yang sekarang dirasakan adalah para pemilik Rusun yang haknya dirampas, kurang BERSATU, kurang kompak. Yang mau aktif hanya sebagian kecil, yang lain banyak waktunya hanya dipakai berdebat di WA (Whatsapp) dengan teman sendiri, bahkan sering berbeda pendapat.

Sangat sedikit yang mau hadir dalam tiap kegiatan perjuangan. KAPPRI sekarang banyak “bergitar” di ranah Hukum di Pengadilan.
Banyak alasan dikatakan para pemilik Seperti “…sibuk tak ada waktu TAPI saya setuju…”, “… saya support TAPI saya tak bisa aktif”, dan akhirnya menyerahkan urusannya kepada sebagian kecil teman yang aktif, sambil menunggu hasil, bahkan tidak kurang yang malah menagih hasil perjuangan.

Yang kami harapkan kalau lagi sibuk bisa tidak ikut, tetapi ya jangan bilang sibuk terus dan tak pernah nongol/hadir, TAPI di WA sangat kencang suaranya. Malah menyalahkan langkah yang diambil teman lain TAPI sendirinya tak pernah mengambil langkah apapun.
KAPPRI sangat menghargai dan kagum kepada para aktifis pejuang  Rusun yang selama ini telah berupaya dengan banyak cara, meski hasilnya belum banyak. Telah nyata bahwa di Kawasan yang telah berhasil banyak unsur positif didapat, seperti IPL yang kita tentukan sendiri, laporan penggunaan uang yang rutin ADA (tersedia), adanya saldo uang milik warga, adanya sinking fund yang utuh TIDAK TERPAKAI.

Kepada yang belum aktif kami HIMBAU  bahwa anda perlu berjuang demi hak Anda.
Kalau Anda biarkan, masalah Anda akan anda wariskan ke KETURUNAN Anda.
Kami yakin Anda Tidak setuju yang demikian.

Yang menyakitkan, apakah ini suara para korban atau suara pesanan establishment dalam perkara Rusun ” Ikut KAPPRI gak Ada gunanya, dia tidak berbuat apa-apa, hanya omong” Kami yakin ” Kalau tak ada yang omong/membicarakan, perkara Rusun ini tak ada yang akan mendengar dan peduli”.

Kami Himbau disini
“Berjuang itu berkorban. Tak Ada perjuangan tanpa korban. Kalau bukan kita sendiri, siapa yang akan berkorban buat kita. Kalau bukan kita siapa yang kita harap berjuang buat anak kita”.
Selamat berjuang, kebenaran ada di pihak kita. BERJUANG ITU BERGERAK BERSAMA DALAM SATU BARISAN, SERENTAK DI BANYAK KAWASAN, TANPA LELAH DAN TANPA TAWAR HATI SAMPAI BERHASIL.

Salam.

Krismanto P.

Catatan: Artikel ini adalah tulisan Almarhum Bpk. Krismanto Prawirosumarto yang ditulis pada tanggal 23 Juni 2016 untuk memberi semangat kepada para Pejuang Rumah Susun untuk membela hak-haknya.  

Logo-KAPPRI

Advertisements

Tagged:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: